Perbedaan Cara Pasang Marmer Sistem Basah & Sistem Kering

Home / Granit / Perbedaan Cara Pasang Marmer Sistem Basah & Sistem Kering

Cara pemasangan marmer dapat dilakukan dengan dua metode yang berbeda. Metode tersebut adalah sistem basah dan sistem kering. Kedua metode ini sebenarnya mempunyai tujuan yang sama yaitu memasang marmer pada tempat yang diinginkan dengan cara yang mudah sehingga cepat selesai serta murah biayanya. Seperti yang kita ketahui marmer banyak digunakan untuk melapisi bangunan karena bahan ini akan membuat bangunan terlihat mewah. Material marmer dapat dipasang pada permukaan dinding atau permukaan lantai bangunan. Untuk menentukan metode mana yang tepat di gunakan berikut perbedaan dari kedua metode tersebut.

Cara Pasang Marmer Sistem Basah

Biasanya metode basah dilakukan untuk pemasangan Marmer pada lantai, berikut ini adalah langkah yang harus dilakukan:

1. Siapkan peralatan dan bahan

Sebelum memulai pemasangan jangan lupa untuk mempersiapkan semua peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk metode pemasangan marmer sistem basah.

2. Cek kondisi marmer

Jangan lupa untuk mengecek kondisi marmer yang akan dipasangkan ke permukaan bangunan. Pastikan kondisi marmer sempurna tanpa adanya retakan atau goresan yang akan membuat marmer menjadi tidak cantik jika dipasang. Adanya retakan pada marmer juga akan membuat marmer mudah pecah setelah dipasang, sehingga harus benar-benar diperhatikan sebelum memasangnya.

3. Periksa arah tekstur dan keseragaman warna

Setiap marmer memiliki tekstur dan warna yang berbeda-beda, karena itulah saat akan memasangkan marmer lebih baik mengikuti arah tekstur yang sama serta warna yang seragam. Saat memeriksa marmer, periksa juga arah teksturnya serta keseragaman warna antar semua marmer yang akan dipasang. Kemudian pasang- pasangkan dengan marmer lainnya agar warna dan tekstur yang dihasilkan nanti menjadi seragam dan cantik. Jika diperlukan gelar semua marmer untuk dilihat dan beri kode untuk masing-masing marmer agar tidak lupa arah tekstur yang diinginkan. Anda juga dapat merencanakan pola yang diinginkan agar hasil akhirnya lebih cantik lagi.

4. Siapkan permukaan pemasangan marmer

Cara pemasangan marmer yang benar hanya dapat dilakukan jika permukaan yang akan dipasang marmer dalam kondisi yang benar pula. Karena itulah pastikan permukaan sudah rata, di-scred, dan dalam keadaan kering sebelum dilakukan pemasangan marmer.

5. Buat pola di lantai

Sebelum memasangkan marmer di lantai, lebih baik buatlah pola di lantai sesuai dengan pola yang sudah direncanakan tadi. Gunakan tali berkapur untuk memberikan tanda pada lantai sesuai pola yang diinginkan.

6. Lapisi dengan perekat

Selanjutnya lapisi lantai dengan cairan perekat dan gunakan roskam bertakik untuk membuat garis lubang di permukaan perekat menggunakan takik tersebut. Pastikan garis lubang rata, jangan terlalu tebal, namun jangan pula terlalu tipis karena garis lubang tidak boleh menyentuh permukaan lantai.

7. Pasangkan marmer

Lebih baik melapisi marmer secara satu persatu pola sehingga Anda juga dapat memasangkan marmer satu persatu. Beri jarak antar marmer dengan alat pembuat celah.

8. Biarkan kering

Sebelum melakukan hal lainnya pastikan perekat sudah benar-benar kering. Biasanya memerlukan sekitar dua hari untuk kering.

9. Isi nat dan bersihkan

Setelah kering baru isi celah antar marmer dengan nat dan biarkan kering. Biasanya memerlukan sekitar sehari untuk kering, setelah itu baru bisa dibersihkan.

Cara Pasang Marmer Sistem Kering

Cara berikutnya adalah dengan metode kering yang biasanya dilakukan pada permukaan dinding. Untuk langkah pemasangannya sebenarnya sama, yang berbeda adalah metode ini tidak menggunakan cairan perekat untuk memasangnya. Pemasangan marmer dengan sistem kering ini bisa menghemat biaya karena tidak diperlukan adukan. Beda dengan pemasangan marmer sistem basah yang harus menggunakan adukan. Yang digunakan adalah kawat angkur karena pemasangan dilakukan pada permukaan yang vertical sehingga kawat angkur dapat menahan berat marmer. Berikut langkah yang berbeda:

1. Setelah membuat pola di dinding, buat lubang di Marmer sebagai tempat angkurnya dan buat pula tanda di
dinding untuk letak paku, kawat angkur dan angkur.

2. Pasangkan kawat angkur sesuai dengan pola yang ada di dinding dengan menggunakan paku. Kemudian pasang angkur sesuai dengan tandanya.

3. Pasang marmer pada angkur yang sudah terpasang mulai dari vertikal baru ke horizontal.

4. Isi nat dan bersihkan

Demikianlah kedua cara pasang marmer dengan metode basah dan metode kering yang dapat digunakan untuk memasang marmer pada lantai serta dinding. Untuk melihat pilihan Marmer silahkan kunjungi gallery produk kami atau hubungi kami melalui kontak berikut :

Gallery produk Marmer

Email : admin@stonemart.co.id
Phone (Office) : 031 – 731 3609
Phone (Store) : 031 – 99 147 999
WhatsApp : 081 33 44 66 376